Cari Blog Ini

Selamat Datang, Kawan

Mari berbagai pengetahuan tentang pendidikan, terutama pendidikan jasmani. dan juga tentang Olahraga Bagi yang tertarik kami tunggu komentar dan pendapatnya. OK?

Kamis, 01 Oktober 2009

SATU TRIK DALAM MENGAJAR OLAHRAGA

Bagaimana cara mengajar kita? pernahkah kita mencoba merenung bahwa mengajar perlu terus menerus berbenah agar apa yang kita ajarkan dapat diterima oleh siswa atau orang yang kita ajar. Kalau jawaban kita ya berarti kita patut bersyukur bahwa kita adalah orang yang berani berubah untuk lebih maju.
Dan, salah satu kata yang memberikan sumbangsih yang signifikan adalah EMPATI. Saya yakin bahwa kita sudah tahu persis arti kata itu. Empati secara sederhana dapat diartikan bahwa kita sebagai pengajar mampu memahami dan mengerti apa yang dirasakan oleh siswa. Dengan kata ini kita mencoba lebih dekat secara fisik dan psikis. Nah, yang secara psikis ini sangat penting, karena jika kita dekat dg siswa maka akan lebih mudah kita memberikan materi. Dengan empati akan terjadi timbal balik dalam menerima dan memberi. Dalam hal ini pangajar cenderung memberi dalam hal materi pembelajaran sedangkan siswa dalam hal perhatian dan tindakan yang harus dilakukan.
Namun kita harus sadari bahwa empati ini tidak akan muncul sendirinya jika kita tidak melatih dan berlatih diri. Oleh sebab itu kita seyogyanya tidak pernah dan tidak akan pernah meninggalkan kata empati ini agar tujuan kita dalam membelajarkan siswa lebih berhasil. Salah satu contoh adalah sebuah pehatian/pandangan mata pada saat mengajar harus menyeluruh dan tidak hanya tertuju pada satu, dua atau sekelompok siswa. Ok Selamat mencoba. Ada komentar saya tunggu

Tidak ada komentar: