Cari Blog Ini

Selamat Datang, Kawan

Mari berbagai pengetahuan tentang pendidikan, terutama pendidikan jasmani. dan juga tentang Olahraga Bagi yang tertarik kami tunggu komentar dan pendapatnya. OK?

Sabtu, 10 April 2010

Hujan? Bagaimana Pembelajaran Penjas?

Saat saya mau mengajar pendidikan jasmani di PGSD, cuaca ternyata tidak bersahabat artinya hujan mulai turun dan pada saat mengajar hujan cukup deras. Namun mahasiswa tetap saya ajak untuk beraktivitas pembelajaran. Nah persoalan adalah materi yang sudah saya persiapkan menjadi sia-sia karena tidak mungkin dapat dilaksanakan. Kemudian rasanya tidaklah tepat jika hanya karena hujan kemudian mahasiswa saya minta untuk pulang. Kemudian saya dan mahasiswa berunding dan saya meminta untuk mencarikan tempat berteduh. Akhirnya kita menemukan sebuah taman yang dapat dipergunakan untuk berteduh sekaligus untuk beraktivitas. Dengan tempat yang terbatas, mahasiswa saya untuk berlatih kekuatan otot perut dengan cara sit up dan otot lengah dan bahu dengan cara push up. Nah pada saat seperti ini saya menggunakan gaya mengajar dengan memberi tugas sekaligus gaya mandiri. artinya mereka melaksanakan tugas itu sekligus mereka mencatat sendiri apa yang telah dilakukan. dengan demikian ternyata kita dapat melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani meski dengan keterbatasan yang ada. Bagaimana?

Joyfull learning in physical education with modification

Modifikasi pembelajaran pendidikan jasmani selalu memberikan nuansa pembelajaran yang menyenangkan sekaligus yang memberikan tantangan bagi guru dan murid. Namun dengan catatan bahwa guru mau mengkreasi dengan menyesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa didik. Tujuan yang seharusnya kita capai dalam pembelajaran pendidikan jasmani ini adalah siswa dapat bergerak aktiv sekaligus dalam suasana yang menggembirakan. Dengan modifikasi ini, maka tidak ada alasan bagi guru untuk berkeluh kesah bahwa dia tidak dapat mengajar karena tidak ada sarana dan fasilitas. Seorang guru yang profesional adalah guru yang tidak mudah menyerah dalam situasi dan kondisi apapun. Namun justru mencoba berkreasi dan berinovasi bagaimana jika dia melakukan ini atau itu. Dia bekerja bukan semata-mata ingin dihargai oleh orang lain, namun dia bekerja memang ingin meningkatkan kualitas diri dan sekaligus mengembangkan pembelajaran pendidikan jasmani. bagaimana? setuju?