Cari Blog Ini

Selamat Datang, Kawan

Mari berbagai pengetahuan tentang pendidikan, terutama pendidikan jasmani. dan juga tentang Olahraga Bagi yang tertarik kami tunggu komentar dan pendapatnya. OK?

Jumat, 16 April 2010

Bagaimana Gaya Mengajar Kita?

Seorang guru seringkali menghendaki siswa yang diajar untuk memiliki dan menguasai materi yang kita berikan dengan baik. Sehingga dengan segala upaya pendekatan banyak dilakukan oleh guru agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Khususnya dalam pembelajaran pendidikan jasmani, ada kecenderungan yang sangat kuat guru selalu menggunakan gaya pembelajaran yang bersifat komando, artinya segala aktivitas perencanaan, pelaksanakan hingga evaluasi dilakukan oleh seorang guru itu sendiri. Satu sisi gaya ini dapat membuat seorang guru semakin meningkat profesionalismenya, namun sisi yang lain yang kurang dipahami adalah siswanya cenderung menjadi obyek pembelajaran. Konsekuensinya adalah guru semakin pintar tetapi siswa semakin kurang mandiri. Semestinya guru ada saat guru harus mengembang diri dan ada saatnya siswa yang harus berkembang. Nah dalam tulisan ini, penulis sebenarnya ingin mengajak bahwa seorang guru perlu juga belajar ketrampilan tentang bagaimana membuat siswa yang kita ajar memiliki kemandirian yang kuat. Artinya bahwa dalam pembelajaran itu ada saatnya siswa diberikan tugas agar dapat menjelaskan kesiswa lain dengan cara bertahap. Saat tertentu dia berinteraksi dengan kelompoknya saat tertentu dia dapat berinteraksi dengan kelasnya. Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana peran guru? jawabnya adalah sebagai fasilitator yang handal. kapan ia harus menghentikan pembelajaran dan kapan ia harus membiarkan siswanya berani tampil sebagai upaya belajar mengkonstruksi sendiri berdasarkan tujuan pembelajaran. Bagaimana? sudahkan kita seperti itu? guru semakin profesional dan siswa semakin Mandiri dalam belajar.