Cari Blog Ini

Selamat Datang, Kawan

Mari berbagai pengetahuan tentang pendidikan, terutama pendidikan jasmani. dan juga tentang Olahraga Bagi yang tertarik kami tunggu komentar dan pendapatnya. OK?

Rabu, 15 Desember 2010

Naturalisasi Pemain Sepakbola Indonesia, Setujukan anda?

Besok, 16 Desember 2010, jam 19.00 di Senayan Jakarta Timnas sepakbola Indonesia akan bertanding melawan Timnas sepakbola Filipina. Sebagai warga negara yang memiliki nasionalisme, maka saya berharap timnas sepakbola Indonesia dapat memenangkan pertandingan  itu dengan menyakinkan. Kalau boleh meminjam istilah dalam pertinjuan kemenangan yang diperoleh dengan angka mutlak. Moment kemenangan ini akan memciptakan sejarah bagi persepakbolaan Indonesia. Artinya kebangkitkan itu selalu ditandai dengan sejarah yang dapat dikenang oleh banyak orang. sejarah itu adalah kemenangan Indonesia yang benar-benar diharapkan oleh pecinta sepakbola sekaligus oleh bangsa Indonesia.

Persoalan lain menurut saya adalah bukan sekedar kemenangan timnas sepakbola Indonesia, namun persoalan naturalisasi pemain asing menjadi timnas sepakbola Indonesia. Bagaimana kita melihat naturalisasi ini dari beberapa sudut dan bagaimana kelebihan dan kekurangan. Dalam tulisan ini saya hanya menekankan pada pertanyaan setujukah kita dengan naturalisasi? jawaban pertama saya adalah setuju. mengapa? ternyata dengan naturalisasi ini timnas sepakbola Indonesia memperlihatakan kemajuan yang sangat luar biasa. Hal ini ditandai dengan kemenangan telak pada pertandingan melawan Malasya dengan skor 5-1 dan dengan Laos dengan skor 6-0 serta dengan Thailan dengan skor 2-1 meskipun dengan perolehan kemenangan yang cukup dramatis. Dan kemenangan ini tidak pernah diperoleh dalam waktu yang cukup lama. Haus dan dahaga bangsa Indonesia akan memiliki timnas sepakbola yang kuat sangat terobati. Kedua, dengan timnas yang kuat akan memberikan simbol terhadap kebangkitan-kebangkitan dibidang lain bahwa bangsa Indonesia pada dasarnya memiliki kemampuan dari banyak aspek dengan melakukan adopsi cara, seperti yang dilakukan oleh timnas sepakbola Indonesia. Artinya bahwa untuk maju kita tetap memerlukan keahlian-keahlian dari orang luar yang kemudian nantinya dapat kita tiru dan kembangkan dengan baik dan mampu melampui kemajuan yang lebih spektakuler. Kita tidak perlu malu untuk mengatakan bahwa kita perlu belajar dari orang lain. Namun kita harus tetap memiliki percaya diri bahwa kita juga sebenarnya jauh lebih mampu jika bakat dan kemampuan bangsa ini dikembangkan dengan baik.

Sedangkan kelemahannya, adalah kesempatan pemain asli Indonesia menjadi tergeser oleh pemain naturalisasi dan ini akan memberikan efek psikologis yang kurang baik. mengapa pemain bisa menjadi apatis dan tidak peduli. Namun bisa juga pemain semakin termotivasi untuk menjadi pemain timnas dengan melakukan perjuangan yang sangat keras. Untuk alasan yang ini sangat baik bagi pemain2 yang memiliki keinganan maju sangat besar dan terbiasa dengan competisi. kelemahan berikutnya adalah jika dengan natularisasi ini ternyata tidak memberikan dampak terhadap kemajuan persepakbolaan Indonesia. Maka naturalisasi tidak diperlukan lagi.
Sedangkan menurut saya naturalisasi diperlukan selama kita mampu mengambil manfaat dari cara tersebut. artinya kita harus benar-benar meniru dan mampu mengembangkan pemain-pemain yunior menjadi seperti pemain yang naturalisasi aatau bahkan dan seharusnya bisa menjadi lebih baik lagi timnas sepakbola ke depan. Bagaimana pendapat anda? saya tunggu komentar anda.

Tidak ada komentar: